Puyer’s Go Blog

Say No To Puyer,Stop Polypharmacy And Back To Guidline(EBM)

Dokter Perlu Perhatikan Obat Racikan Pada Anak

Thursday, May 23 2013 Written by Fetika Andriyani

Racikan Puyer Bayi

RRI-Jogja News/L-06, Dokter kerap memberikan resep obat racikan pada anak yang dibuat dengan cara membuat puyer dari sejumlah sediaan obat.

Racikan obat dewasa yang diberikan dengan dosis tertentu pada anak harus diwaspadai karena obat yang biasa digunakan untuk dewasa berpotensi bahaya bagi bayi dan anak.

Hasil desertasi pada ujian promosi doktor terbuka di UGM yang disampaikan Chairun Widyaningsih mengungkap kesalahan penghitungan dalam pemberian resep racikan beresiko terhadap munculnya overdosis atau under dosing.

Resiko lain yang mungkin muncul seperti penggunaan formula yang tidak sesuai untuk anak, serta seleksi senyawa yang tidak tepat.

Selain itu, peracikan obat yang diberikan pada pasien tanpa dilakukan uji klins sangat beresiko bila digunakan pada pasien anak yang lebih rentan terjadi efek samping obat.

Dari hasil penelitian terhadap 22 dokter yang tersebar di lima kabupaten kota di DIY diketahui bahwa pertimbangan dokter untuk meresepkan obat racikan disebabkan karena tidak adanya sediaan obat untuk anak, keyakinan dokter bahwa obat racikan lebih manjur serta obat racikan dilakukan atas permintaan orangtua pasien dengan alas an puyer lebih mudah diberikan pada bayi dan anak dibandingkan obat dalam bentuk tablet atau kapsul.

Sumber : rrijogja

May 27, 2013 - Posted by | Artikel

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: